ABOUT THIS BLOG

Isi dari blog ini adalah segala hal mengenai wanita dan anak-anak. Blog ini ditujukan untuk seluruh wanita dan anak-anak di Indonesia dan untuk siapapun yang ingin memahami indahnya dunia mereka..

Saturday, February 19, 2011

Pelajaran Hidup dari Novel Anak

Kali ini saya tidak akan berbicara mengenai kesehatan. Yang akan saya bahas di sini adalah novel-novel tentang dunia anak yang menyentuh hati saya sebagai pembacanya. Novel yang banyak memberi pelajaran hidup bagi saya.

SERIAL ANAK-ANAK MAMAK by TERE LIYE
Setelah memukau pembaca dengan  novel Hafalan Shalat Delisa, Tere Liye kembali menghadirkan dunia anak dalam novelnya. Kali ini dalam bentuk Serial. Ada 4 buku dalam Serial ini, yaitu Burlian, Pukat, Amelia, dan Eliana. Buku ini masing-masing memiliki nomor urut, namun tidak diterbitkan berurutan. Burlian misalnya. Buku ke-2 ini justru dilempar ke pasaran pertama kali.
Serial ini menceritakan tentang empat orang anak-anak Mamak yang dibesarkan di pedalaman di Sumatera. Meskipun dalam keterbatasan, Mamak senantiasa mengajarkan akhlak dan perilaku yang baik kepada putra putrinya. Kisah masing-masing anak inilah yang dituangkan dalam setiap bukunya. Dengan sudut pandang orang pertama, buku ini dapat mengajak pembaca untuk memahami pikiran seorang anak kecil menghadapi realita kehidupannya sehari-hari dalam meraih cita-cita, bersahabat, dan memegang teguh kejujuran.


Buku yang saya rekomendasikan sebagai pendidikan moral bagi anak-anak dan para orang tua yang ingin lebih mengetahui seluk beluk anak dengan segala kepolosannya.

LITTLE PRINCE by Antoine de Saint-Exupéry
Little Prince adalah novel anak yang ditulis oleh penulis berkebangsaan Perancis, Antoine de Saint-Exupéry. Novel ini menceritakan tentang seorang anak kecil, Sang Pangeran Kecil dari planet (asteroid) kecil, B-612. Sang Pangeran Kecil ini melakukan perjalanan mengelilingi planet-planet yang lain. Dalam perjalanannya inilah ia menemui berbagai macam orang, hingga akhirnya bertemu dengan si penulis di gurun Sahara.
Meskipun buku anak-anak, buku ini sarat akan makna tentang  kehidupan dan manusia. Lihat saja dari kalimat yang ditulis dalam buku ini : “One sees clearly only with the heart. What is essential is invisible to the eye”. Belum lagi pelajaran mengenai berbagai macam sifat manusia, membuat pembaca menyadari bahwa banyak orang yang beorientasi pada dirinya, tetapi tidak memikirkan kepentingan orang lain. Dan yang paling penting adalah bagaimana kepolosan dan ketulusan hati Si Pangeran Kecil ini.
Novel ini menjadi novel yang sangat laris di berbagai belahan dunia yang telah diterjemahkan lebih dari 170 bahasa. Novel ini bahkan telah difilmkan dengan judul yang sama.  A recommended novel.

TOTTO-CHAN, GADIS CILIK DI JENDELA by TETSUKO KUROYANAGI
Setelah melihat novel dari Indonesia, Eropa, kini kita tilik novel dari Jepang yang satu ini. Ditulis oleh pembawa acara televisi dan ambassador UNICEF, Tetsuko Kuronayagi. Novel ini menceritakan tentang Totto-chan, seorang gadis cilik yang dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap suka melakukan perbuatan aneh di kelas. Ibunya menyadari bahwa Totto-chan harus dipindahkan ke sebuah sekolah di mana ia lebih bebas berekspresi. Jadi, ia  memindahkan Totto-chan untuk ke Tomoe Gakuen. Sebuah sekolah yang dikepalai oleh pemerhati pendidikan, Mr Kobayashi.  Selanjutnya, buku ini menggambarkan Totto-chan dan teman-temannya, suasana dan sistem pendidikan di Tomoe Gakuen yang berbeda dengan sekolah umum namun jauh lebih menyenangkan.
Semua disajikan melalui mata seorang anak. Pembaca dapat melihat bagaimana dunia normal menjadi tempat indah yang sangat menarik dan penuh antusiasme bagi anak-anak. Pembaca juga dapat melihat bagaimana peran orang dewasa, Mr. Kobayashi yang memahami anak-anak, berusaha mengembangkan kulitas tubuh, pikiran, dan hati mereka, serta kasih sayang yang besar.

Itu hanya sedikit dari banyak novel anak yang dapat menjadi referensi. Masih banyak novel lain yang juga bagus, seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, serta novel yang lain. Novel yang banya memberi pelajaran hidup kepada kita. Ada referensi novel anak yang bagus untuk direkomendasikan? Saya tunggu komentar dari teman-teman semua.. 

No comments:

Post a Comment