ABOUT THIS BLOG

Isi dari blog ini adalah segala hal mengenai wanita dan anak-anak. Blog ini ditujukan untuk seluruh wanita dan anak-anak di Indonesia dan untuk siapapun yang ingin memahami indahnya dunia mereka..

Tuesday, February 15, 2011

Katakan Cinta pada Jantungmu dengan Cokelat Murni

Hari Valentine biasa digambarkan dengan saling memberikan cokelat pada orang yang terkasih. Mungkin ada baiknya jika Anda mempertimbangkan memberikan dark chocolate atau cokelat murni. Pasalnya, dari berbagai penelitian, telah dibuktikan bahwa konsumsi cokelat murni pada jumlah sedang dapat menyehatkan jantung.

Cokelat murni (dark chocolate) diolah dari biji cokelat. Biji cokelat ini mengandung zat yang disebut  katekin dan prosianinid. Kedua zat ini berdasarkan penelitian mampu menghambat enzim ACE. Selain itu, biji cokelat juga mengandung flavonols, yang dapat meningkatkan pembentukan nitrit oksida, sebuah zat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Kombinasi kedua efek zat dalam cokelat inilah yang dinilai mampu menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Konsumsi dalan jumlah sedang dan dalam jangka waktu lama diduga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk gagal jantung.

Berdasarkan penelitian, wanita yang mengkonsumsi rata-rata satu sampai dua porsi cokelat berkualitas tinggi per minggu memiliki risiko 32% gagal jantung yang lebih rendah. Perempuan yang telah 1-3 porsi per bulan memiliki penurunan risiko 26%. Namun, jangan terlalu berlebihan, karena konsumsi minimal satu hari tampaknya tidak mendapatkan keuntungan dari efek perlindungan, mungkin karena kalori tambahan yang diperoleh dari makan coklat.

Konsumsi cokelat juga menurunkan hormon stress dan perubahan dalam tubuh terkait stress. Tentu saja hal ini juga dapat berefek baik bagi jantung. Seperti yang kita tahu, bahwa stress adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung.
Biji cokelat juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kandungan polifenol dan flavonol dalam biji cokelat bahkan lebih tinggi dibandingkan jus buah. Antioksidan ini penting dalam menangkal radikal bebas sebagai penyebab banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.
Saat ini sedang dilakukan penelitian untuk meningkatkan kandungan flavonols dalam biji cokelat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif bagi pencegahan dan penanganan penyakit jantung di kemudian hari.

So, katakan cinta pada jantungmu dengan Cokelat murni..
(dari berbagai sumber)

1 comment: